Dqtc06's Weblog

3 June 2010

Testing Software Dengan Menggunakan Unit Testing

Filed under: Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak — dqtc06 @ 3:48 pm

Create Unit Testing aplikasi merupakan suatu kegiatan untuk mengidentifikasikan keberhasilan, kelengkapan, keamanan dan kualitas pada aplikasi yang bersangkutan. Karena itu testing aplikasi merupakan kegiatan yang sangat penting sebelum Anda memperkenalkan aplikasi Anda pada masyarakat luas. Testing bertujuan untuk menemukan bug (kesalahan), testing merupakan proses membandingkan output nyata dengan output yang diharapkan. Pengujian sistem meliputi skenario yang dibuat berdasarkan spesifikasi dari suatu aplikasi nyata. Berikut ini kami menggunakan metode Unit Testing dan TestComplete untuk melakukan testing pada suatu aplikasi. Aplikasi yang akan ditesting adalah Aplikasi End User Computing (EUC).

Apakah Unit Testing itu????????

Unit Testing adalah proses testing dimana Anda melakukan testing pada bagian basic dari kode program. Contohnya adalah memeriksa kode program pada event, procedure dan function. Unit Testing meyakinkan bahwa masing-masing unit tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Pada Unit Testing, Anda memeriksa bagian kode program secara terpisah dari bagian yang lain. Anda dapat langsung melakukan Unit Testing setiap kali sebuah kode unit (event, procedure, function) selesai dibuat. Anda dapat memeriksa kode unit dengan menjalankannya baris per baris untuk memastikan bahwa proses yang dilakukan berjalan sebagaimana yang Anda inginkan.


Tools yang Digunakan

Tool yang digunakan untuk unit testing ada berbagai macam tergantung bahasa pemrograman yang digunakan, misalnya :

  • Nunit untuk bahasa pemrograman .Net
  • Junit untuk bahasa pemrograman Java
  • PHPUnit untuk bahasa pemrograman PHP
  • PyUnit untuk bahasa pemrograman Python
  • CUnit untuk bahasa pemrograman C

Untuk unit testing kali ini, kami akan menggunakan unit testing yang disediakan oleh Microsoft Visual Studio 2008 untuk melakukan testing pada aplikasi EUC.

Berikut adalah bagaimana cara menggunakan unit testing dengan menggunakan unit testing yang disediakan Microsoft Visual Studio 2008:

  • Create Unit Test

Banyak jalan menuju roma, seperi itu juga halnya dalam membuat unit test. Untuk membuat Unit Test dapat dilakukan dengan klik kanan pada class yang akan ditest atau juga memilih menu Test pada visual studio.

  • Pilih Method

Centang method yang akan ditest. Kita dapat memilih lebih dari satu method dari class yang berbeda.

  • Beri nama Project Testing

Beri nama project testing yang akan dibuat. Pastikan nama itu belum ada pada lokasi project yang akan dibuat.

  • Generate Method Test

Secara otomatis method test akan digenerate oleh visual studio 2008. Terdapat bagian expected, actual dan target. Expected adalah value perkiraan yang diassign oleh tester, sedangkan actual adalah return value yang didapatkan dari method yang ditest. Target adalah accessor class dari method yang akan dilakukan unit test.

  • Inisialisasi Method Test

Inisialisasi value expected atau parameter yang dibutuhkan oleh accessor serta jangan lupa untuk menghapus bagian Assert.Inclonclusive(“message”). Jika bagian ini tidak dihilangkan maka pada saat run test tidak akan muncul status passed atau failed pada result.

  • Run Tests

Run Tests dengan klik kanan pada bagian method yang ditest, atau bisa menggunakan menu Tests yang terletak di bagian atas visual studio.

  • Result

Setelah unit testing selesai dijalankan maka akan keluar result yang berisi pesan Passed atau Failed. Pesan Failed terjadi karena value expected dan actual yang tidak sama.

Di bawah ini adalah contoh output dari sebuah test case dari method LoginProcess(). Dalam test case ini ada tiga buah skenario. Yang pertama login sukses, incorrect username, password atau role serta ada field yang masih kosong. Pada gambar di bawah terlihat hasil dari unit testing dari tiap skenario.

Untuk mengunduh aplikasi dan testingnya dapat mengklik di SINI

Untuk mengunduh dokumen testingnya dapat mengklik di SINI

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: